Menciptakan Perusahaan Bergerak dengan Tujuan

Admin LinovCommunity - 1 year ago

Banyak perusahaan yang lupa bahwa perkembangan tidak hanya ditentukan dari keuntungan dan popularitas semata. Lebih dari itu, perusahaan harus memiliki tujuan. Namun, menciptakan perusahaan yang didorong oleh tujuan bukanlah sesuatu yang mudah. 


Untuk menciptakan situasi seperti ini, perusahaan dapat memanfaatkan peran seperti manajer atau HR. Lantas, bagaimana cara menciptakan perusahaan yang didorong oleh tujuan? Simak ulasan di bawah ini! 

Apa itu Perusahaan yang Bergerak dengan Tujuan? 

Beberapa pemimpin atau pemilik perusahaan kerap melakukan kesalahan yang cukup fatal dalam melihat tujuan dari perusahaan yang mereka dirikan. Padahal beberapa pebisnis percaya bahwa tujuan perusahaan adalah akar dari kesuksesan perusahaan. 


Itulah mengapa, perusahaan yang didorong dengan tujuan dapat terampil dalam membuat strategi dan pengambilan keputusan yang tepat. Keterampilan tersebut dapat berdampak pada suatu perubahan dan umur perusahaan yang panjang.


Perusahaan yang didorong oleh tujuan yang dibuat biasanya akan menarik konsumen modern karena praktik bisnis di dalamnya yang mumpuni. Hal ini tidak lain karena SDM di dalamnya dinilai lebih bahagia dengan lingkungan kerja yang sehat dan mendorong produktivitas.


Manfaat Memiliki Tujuan yang Tinggi bagi Sebuah Perusahaan 

Memiliki tujuan perusahaan membuat perusahaan bisa berkembang dan berdampak positif dari beberapa aspek. Berikut adalah manfaat perusahaan jika memiliki tujuan yang tinggi.

1. Memiliki klien yang loyal

Kepuasan dan kesetiaan akan meningkat saat perusahaan memiliki tujuan lain diluar kandungan. Dengan tujuan yang lebih jauh, perusahaan dapat lebih memaksimalkan pelayanannya kepada klien. Dampak dari tujuan tersebut lebih besar daripada sekadar keuntungan semata. 

2. Memiliki kinerja kerja yang tinggi

Tujuan perusahaan yang jelas dan terarah membuat karyawan tahu tujuan dari apa yang dikerjakan. Penting bagi perusahaan untuk menyelaraskan tujuan perusahaan dengan peran karyawan yang ada. Dengan mengetahui tujuan perusahaan, karyawan akan termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Memiliki komitmen yang kuat

Karyawan yang memiliki dan memahami tujuan perusahaan akan cenderung bertahan dalam waktu yang panjang. Selain itu, jika karyawan sudah merasa cocok dengan tujuan tersebut, mereka tidak akan ragu untuk mencurahkan tenaga mereka demi mencapai tujuan bersama.

Langkah-langkah Untuk Menciptakan Perusahaan yang Bergerak dengan Tujuan

Menciptakan suatu perusahaan yang bergerak dengan tujuan bukanlah sesuatu yang mudah. Hal ini membuat HR dan para manajer harus menyingkirkan sistem perusahaan yang terlalu berorientasi pada keuntungan. 


Tetapi, ada baiknya jika budaya ini harus ditumbuhkan agar menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan terarah. Berikut adalah langkah untuk menciptakan perusahaan yang bergerak dengan tujuan.

1. Mulai dengan visi

Sebagian besar karyawan hanya sebatas mengerjakan apa yang harus mereka kerjakan untuk mendapatkan upah mereka. Padahal, esensinya bukanlah sebatas itu. Karyawan bisa berbuat lebih untuk kemajuan perusahaan. 


Untuk menghilangkan batasan tersebut, perusahaan dapat menunjukan bahwa tujuan utamanya bukanlah sebatas pada bisnis, tetapi lebih dari itu. Hal ini bisa membuat karyawan sadar bahwa perusahaan memiliki tujuan lebih yang harus dicapai bersama.

2. Mencari tujuan

Tujuan perusahaan sejatinya harus membuat setiap karyawan Anda termotivasi untuk bekerja lebih. Salah satu cara untuk mendapatkan tujuan yang sesuai adalah bicara langsung dengan karyawan yang ada. Dengan hal ini, perusahaan dan karyawan bisa menyelaraskan tujuan antara kedua belah pihak untuk dicapai bersama.

3. Terlibat bersama

Karyawan akan memiliki perasaan yang kuat untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Karyawan bisa memahami apakah perusahaan mencoba bermain-main atau sedang serius. Cara menghindari situasi seperti itu adalah dengan memberi pembuktian nyata.


Setelah mendapatkan tujuan yang jelas, perusahaan dan karyawan dapat bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, perusahaan mungkin membutuhkan bantuan manajer dan HR untuk menciptakan perubahan dalam mencapai tujuan yang sudah dibuat.  

4. Konsisten

Salah satu hal yang dapat merusak tujuan adalah sikap yang tidak konsisten. Contohnya, jika pemimpin perusahaan tidak setuju dengan keputusan bersama dengan tujuan yang baik. Hal itu sama dengan melemahkan SDM dan menghambat tujuan perusahaan.

5. Membangun relasi pendukung

Salah satu cara perusahaan untuk bisa mencapai tujuan adalah dengan memanfaatkan pihak internal sebagai pendukung. Misalnya, HR dan manajer dapat bersinergi untuk mendukung SDM dalam suatu proyek besar yang sedang digarap. Dengan begitu, karyawan bisa bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.


Itulah ulasan tentang pentingnya suatu perusahaan untuk bergerak berdasarkan tujuan yang dibuat. Tanpa tujuan yang tinggi, perusahaan tidak akan memiliki esensi dari apa yang dikerjakan dan hanya berorientasi pada keuntungan. 


Hal itulah yang membuat perusahaan sulit berkembang. Idealnya, tujuan tersebut harus membuat perusahaan bisa melangkah lebih jauh dan mendapatkan esensi dari apa yang dikerjakan sehingga perusahaan bisa terus bernapas dalam waktu yang lama. 


Sudahkah perusahaan Anda bergerak berdasarkan tujuannya?