Employee Benefit Trusts: Pahami Definisi dan Cara EBT Bekerja

Admin LinovCommunity - 10 months ago

Setiap perusahaan tentunya menginginkan kesejahteraan untuk para karyawannya, terutama bagi mereka yang telah berkontribusi dengan baik dalam perusahaan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan para karyawannya adalah dengan pemberian employee benefit trusts (EBT).

Lantas, mengapa pemberian EBT membuat kesejahteraan karyawan meningkat dan memberikan kesuksesan bagi perusahaan? Mari simak artikel ini untuk selengkapnya!

Apa itu Employee Benefit Trusts (EBT)?

Employee benefit trusts (EBT) adalah seperti tabungan besar perusahaan untuk karyawan. Ketika perusahaan mendapatkan keuntungan, sebagian uang itu dimasukkan ke dalam EBT.

Nantinya, uang ini digunakan untuk memberikan hadiah kepada karyawan, seperti bonus, saham, atau manfaat lainnya.

Jadi, employee benefit trusts adalah cara bagi perusahaan untuk memberikan manfaat kepada karyawan, sambil tetap menjaga keuangan mereka dan memotivasi tim kerja.

Dengan demikian, EBT adalah alat yang kuat dalam manajemen human resource. Kemudian, juga perencanaan bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk memberikan manfaat kepada karyawan sambil menjaga fleksibilitas dan independensi.

Employee benefit trusts menciptakan ikatan antara perusahaan dan karyawan, mendorong keterlibatan. Lalu, juga meningkatkan kesejahteraan karyawan, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Bagaimana Employee Benefit Trusts Bekerja?

Cara kerja employee benefits trusts umumnya dimulai dengan perusahaan mendanai trust ini, baik melalui kontribusi langsung atau pinjaman jaminan terbatas.

Setelah dana tersebut berada dalam trust, wali amanat, yang biasanya adalah orang atau individu yang bertindak atas nama EBT, bertanggung jawab untuk mengelola atau menginvestasikan aset tersebut sesuai dengan ketentuan dalam akta perwalian EBT.

Hal tersebut mencakup pengelolaan dan investasi aset dalam bentuk saham, surat utang, atau instrumen keuangan lainnya.

Keunggulan utama employee benefits trusts sendiri adalah fleksibilitasnya yang memungkinkan untuk beradaptasi sesuai perkembangan kebutuhan perusahaan seiring waktu.

Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa EBT dapat tetap relevan dan efektif dalam mendukung manfaat karyawan seiring dengan perubahan yang terjadi.


Alasan Mengapa Menggunakan EBT

Berikut adalah alasan mengapa perusahaan menggunakan employee benefits trusts:


  1. Pengaturan Kepemilikan Saham Bersama

EBT dapat menjadi wadah yang efektif untuk mengelola kepemilikan saham perusahaan oleh karyawan. 

Salah satu manfaat utamanya adalah memungkinkan perusahaan untuk secara progresif mengalokasikan saham kepada karyawan. Hal ini sebagai bentuk insentif dan bagian dari kompensasi mereka. 

Hal tersebut tentu nantinya akan menciptakan ikatan yang kuat antara karyawan dan perusahaan. Sebab, karyawan memiliki kepentingan dalam kesuksesan jangka panjang perusahaan.


  1. Pengaturan Pembagian Hasil

Alasan lainnya menggunakan employee benefit trusts adalah untuk memudahkan pengaturan pembagian hasil dengan karyawan.

Hal ini tidak hanya menciptakan insentif bagi karyawan untuk berkinerja lebih baik. Akan tetapi, juga memberikan mereka kepentingan yang lebih besar dalam kesuksesan jangka panjang perusahaan.


  1. Pengaturan Pasar Internal

Pengaturan pasar internal adalah tentang bagaimana saham perusahaan diperdagangkan di dalam perusahaan.

EBT menciptakan pasar internal yang stabil sehingga bisa berkontribusi pada pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan.


  1. Pengaturan Nominee dan Lock-In Perusahaan

Alasan menggunakan EBT selanjutnya adalah mengenai pengaturan nominee dan lock-in pada perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menetapkan syarat kepemilikan saham minimum sesuai aturan perusahaan.


Baca Juga: Apakah yang Dimaksud dengan Intangible Reward?


Selain itu, EBT juga bisa mengatur lock-in, yaitu periode di mana saham atau aset perusahaan yang diberikan kepada karyawan tidak dapat diperjualbelikan atau dipindahtangankan. 

Secara keseluruhan, employee benefits trusts merupakan faktor yang kuat untuk mengelola nominee dan lock-in perusahaan. Kemudian, juga membantu perusahaan menjaga kendali atas kepemilikan saham.


  1. Pengaturan Penundaan Bonus

Employee benefit trusts memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola penundaan bonus karyawan.

Dalam hal ini, perusahaan dapat mengelola aset yang akan digunakan untuk membayar bonus karyawan di masa depan


  1. Pembayaran Bonus

Employee benefit trusts juga dapat digunakan untuk berbagai tujuan lain sesuai dengan aturan yang berlaku, seperti membayar bonus berdasarkan regulasi perusahaan.

Dengan mengalokasikan aset ke dalam EBT, perusahaan dapat merencanakan pembayaran insentif jangka panjang dengan lebih baik, memastikan ketersediaan dana yang cukup.


  1. Perencanaan Insentif Manajemen dan Rencana Opsi Saham
    Melalui EBT, perusahaan dapat mengalokasikan saham atau opsi saham kepada manajemen sebagai bagian dari paket insentif mereka.

Dengan cara ini, ia membantu menciptakan insentif yang kuat bagi manajemen. Tujuannya adalah untuk mencapai hasil terbaik dan memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan stabilitas perusahaan.


Kesimpulannya, employee benefit trusts adalah sesuatu yang berharga bagi perusahaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan karyawan, memotivasi mereka, dan menjaga keterlibatan jangka panjang.

Employee benefit trusts tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga menciptakan hubungan yang kuat antara perusahaan dan timnya. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memahami penggunaan employee benefit trusts baik untuk karyawan maupun perusahaan, Ya!